Belajar Sejarah di Benteng Van Der Wijck

Belajar Sejarah di Benteng Van Der Wijck

Pada kesempatan kali ini akan dibahas hal yang berkenaan dengan sejarah fort yang ada di Kebumen, jawa tengah. benteng van der wijk merupakan bangunan berbentuk segi delapan (octagonal) satu-satunya yang ada di indonesia.

Akses Ke Benteng Van Der Wijck

jika anda dari wilayah barat atau dari banjarnegara maka cara ke benteng van der wijck dapat melalui pasar mandiraja diteruskan ke waduk sempor kemudian menuju gombong. setelah itu anda akan melihat papan reklame benteng van der wijck sangat besar yang dapat mengawal anda untuk sampai ke benteng dengan mengikuti anak panah yang disediakan. adapun jika anda dari kebumen maka anda harus terus menuju karang anyar kemudian ke gombong dan jika sudah sampai kecamatan sumpiuh terus jalan dan akan terlihat papan reklame benteng ini, ikuti sesuai petunjuk diatas. Benteng Van Der Wijck juga pernah dipakai untuk membuat video klip slank, juga pembuatan reality show farah quinn serta tempat pembuatan film the raid 2 berandal.

Ciri paling khas Benteng Van Der Wijck adalah segi delapan/oktagonal dengan luas mencapai 7.168 meter persegi. Tinggi benteng mencapai 10 meter yang terdiri dari dua lantai. Tebal dinding 1,4 meter (m) dan tebal lantai 1,1 m. Hampir seluruh bangunan bentuknya adalah tembok, termasuk atapnya yang berasal dari batu bata, Di lantai satu dan dua terdapat masing-masing 16 ruangan besar dengan ukuran 18 x 6,5 m. Sementara ruang kecil di lantai satu berbagai macam ukuran ada 27 ruangan, sementara di lantai dua terdapat 25 ruangan. Pada lantai satu terdapat empat pintu gerbang, 72 jendela, 63 pintu antar ruangan maupun pintu keluar benteng, 8 anak tangga ke lantai dua serta dua anak tangga darurat. Sedangkan di lantai dua, terdapat 84 jendela, 70 pintu penghubung dan empat anak tangga ke bagian atap.

Image
travel.kompas.com

Benteng Van Der Wijck adalah benteng pertahanan Hindia Belanda yang dibangun pada abad ke 18. Benteng ini terletak di 4 km utara Gombong, sekitar 35 km sebelah barat dari Ibukota kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, 18 km Barat Kota Karanganyar, atau 100 km dari Candi Borobudur, Magelang. Nama benteng ini diambil dari Van Der Wijck, yang kemungkinan nama komandan pada saat itu. Nama benteng ini terpampang pada pintu sebelah kanan. Benteng ini kadang dihubungkan dengan nama Frans David Cochius (1787-1876), seorang Jenderal yang bertugas di daerah barat Bagelen yang namanya juga diabadikan menjadi nama Benteng Generaal Cochius. Benteng ini merupakan benteng persegi delapan satu-satunya di indonesia.

Namun, yang paling unik sebenarnya adalah adanya kereta mini persis di atas benteng. Dengan kereta ini pengunjung bisa mengelilingi benteng dan menikmati pemandangan dari atas benteng. Mungkin ini satu-satunya di Indonesia dimana pengunjung bisa menaiki kereta di atas benteng. Dari atas benteng pengunjung bisa menyaksikan prajurit yang tengah berlatih di lapangan tak jauh dari kompleks benteng. Cukup membayar tiket Rp 5000 per orang, pengunjung bisa menaiki kereta mini selama kira-kira 15 menit. Meskipun pemandangan sekitar tidak spektakuler, namun sensasi menaiki kereta di atas benteng hanya bisa Anda dapatkan disini.

Image

travel.kompas.com

Selain kereta di atas benteng, pengunjung juga bisa melihat-lihat ruangan-ruangan dalam benteng. Ruangan-ruangan itu dulunya berfungsi sebagai barak militer, pos jaga, dan kantor. Ada pula ruangan yang khusus berisi foto-foto benteng jaman dulu, sebelum dipugar, dan sesudah dipugar.

Data teknis benteng

  • Luas Benteng atas 3606,625m2
  • Benteng bawah 3606,625 m2
  • Tinggi Benteng 9,67 m, ditambang cerobong 3,33 m.
  • Terdapat 16 barak dengan ukuran masing-masing 7,5 x 11,32 m.
  • Ketinggian: +132,7 s/d 135 m dpl.

tiket masuk benteng van der wijck tulisan ini dibuat yaitu september 2015 sebesar 25.000 rupiah. tiket ini termasuk terusan untuk masuk ke water park atau kolam renang yang dipatok dengan tarif 10.000 rupiah dan juga kereta wisata yang ada diatas benteng. jadi sekarang sudah diganti tiket terusan dengan biaya 25 ribu dengan menikmati kolam renang dan kereta atas benteng. adapun untuk wahana lain masih harus membayar lagi dengan tarif 10 ribu untuk masing-masing wahana seperti terapi ikan, kincir raksasa, becak air, bom bom car, kereta mini untuk mengelilingi benteng, komedi putar serta kampoeng kuliner yang bisa dicoba. adapun untuk permainan gratis disediakan ayunan, roda putar, seluncuran, ayunan bersama, foto di tank dan meriam serta foto di replika berbagai binatang seperti dinosaurus, jerapah, badak dll.

Related Projects:

Comments