Bukit Teletubbies Bromo Terdapat juga di Blitar

Bukit Teletubbies Bromo Terdapat juga di Blitar

Mendengar kata Teletubbies, tentunya teringat dengan empat karakter dalam program televisi yaitu Tinky Winky, Dipsy, Lala, dan Poo. Program itu terkenal di era 2000-an.

Namun, selain empat karakter itu, setting lokasi di program Teletubbies juga menarik. Nah, di Kabupaten Blitar, Jawa Timur, juga terdapat lokasi wisata alam yang menarik dengan lokasi mirip setting karakter Teletubbies. Bukit Teletubbies, terletak di Dusun Kampung Anyar, Desa Sumberasri, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar. Lokasi bukit itu menarik seperti di program televisi Teletubbies, yang terdiri dari bukit-bukit nan hijau.

Lokasinya merupakan kawasan perkebunan yang didominasi tanaman tebu. Inilah yang kemudian menjadikan bukit berubah jadi "hijau". Bukit akan tampak sangat menawan saat musim tanam tebu. Namun, jika panen sudah tiba, jangan harap akan mendapatkan foto yang menawan dari bukit tersebut, dan yang ada hanyalah hamparan ladang saja. Di tempat ini juga dikenal dengan sebutan "Tower Sumberasri" yang cocok buat mereka yang ingin mencari "sunrise" maupun "sunset". Lokasi pemandangannya pas.


Kenapa dinamai Bukit Teletubbies, karena pemandangan di sini mirip-mirip dengan yang ada di film serial anak-anak yang terkenal Teletubbies. Jajaran bukit sulam-menyulam dengan indahnya. Jadi, sesungguhnya spot ini letaknya di atas bukit. Dan sejauh mata memandang ke bawah, ada bukit-bukit indah yang bertonjolan di sana-sini.

Bukit-bukit tersebut tampak elok bila tanaman-tanaman perkebunan seperti tebu dan cengkeh mulai berbunga dan berdaun lebat menghijau. Ada juga selingan blok-blok dengan warna keputihan yang berasal dari warna bunga yang lagi mekar-mekarnya.

Di atas bukit kita bisa selfie-selfian dengan latar belakang pemandangan yang sangat elok. Dan kalau stamina kita kuat, kita juga bisa jalan-jalan, menjelajah turun dan naik dari satu bukit ke bukit lain ditemani pemandangan ciamik pula.

Saat terbaik untuk ke lokasi ini, kata orang desa sini, ya saat matahari terbit atau tenggelam. Pantulan warna-warna bukit konon begitu indah. Dan waktu yang terburuk untuk ke sini adalah saat tebu-tebu habis dipanen. Karena, pastilah kita tidak mendapatkan pemandangan bukit hijau melainkan hitam atau coklat tanah saja.

Di tempat ini juga dikenal dengan sebutan "Tower Sumberasri" . Gardu Pandang Sumberasri memang dikenal memiliki pemandangan alam yang indah. Kontur muka buminya yang berbukit-bukit membuat siapa saja yang berkunjung terpana. Oleh karenanya sudah sejak lama lokasi gardu ini menjadi tujuan wisata masyarakat sekitar. Meskipun demikian, baru pada pertengahan tahun 2016 gardu ini resmi dibuka sebagai kawasan wisata.

Semenjak dibuka sebagai kawasan wisata, Gardu Pandang Sumberasri memang mengalami beberapa perubahan yang lebih baik. Kini sudah ada area parkir yang terkelola dan kedai-kedai makanan yang berjajar di sepanjang jalan menuju gardu pandang. Gardu Pandang yang dulunya minim aktivitas perekonomian kini mulai bergeliat, dan warga setempat memperoleh efek positifnya.

Akses

Akses menuju Bukit Teletubbies ini bisa melalui rute Blitar Kota lurus ke utara melewati Desa Dayu, masuk Desa Kedawung, lalu Desa Sumberasri lurus mengikuti jalan hingga ada SDN Sumberasi 06. Dari SDN Sumberasri 06 belok kiri mengikuti jalan tanah lurus hingga sampai dengan lokasi tower.

Jika sudah mencapai tower maka anda sudah sampai di Bukit Teletubbies. Suasana yang sejuk khas pegunungan membuat anda betah berlama-lama di tempat ini.

Terlebih mata akan semakin dimanjakan dengan pemandangan Gunung Kelud yang terlihat jelas. Ya, untuk mencapai Gunung Kelud hanya butuh jarak tempuh sekitar lima kilometer saja dari tempat ini.

Apabila anda berminat datang ke tempat ini, sebaiknya menggunakan roda dua. Karena kendaraan roda empat tidak bisa sampai ke lokasi dan harus jalan cukup jauh dan menanjak. Naik sepeda motor pun harus hati-hati dengan tekstur tanahnya yang terjal khas pegunungan dan belum beraspal.

Tips

Sedikit tips yahh untuk anda yang datang ke Bukit Teletubis, Anda harus membawa bekal jajan dan makanan yang cukup dari bawah, karena di tempat ini tidak ada pedagang makanan.


Related Projects:

Comments