Danau Situ Bagendit Garut Jawa Barat

Danau Situ Bagendit Garut Jawa Barat

Para penelusur pasti pernah berwisata ke Garut, tapi pernah belum berwisata ke salah satu Danau yang cukup terkenal dengan cerita rakyat yang sangat mengagumkan ini. Bila belum buruan datang dan nikmati Danau Situ Bagendit yang terletak di desa Bagendit, Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut, Jawa Barat, Indonesia. Situ Bagendit merupakan objek wisata alam berupa danau dengan batas administrasi disebelah utara berbatasan dengan Desa Banyuresmi, disebelah selatan berbatasan dengan Desa Cipicung, disebelah timur berbatasan dengan Desa Binakarya, dan disebelah barat berbatasan dengan Desa Sukamukti.

Danau Situ Bagendit pasti ga akan kecewa, karena Para Penelusur dapat menikmati pemandangan, mengelilingi danau dengan menggunakan perahu atau rakit, memancing, hingga bermain di taman dan berenang di kolam renang.. Dan juga dapat melakukan kegiatan rekreasi keluarga, menikmati pemandangan serta kegiatan bersepeda air. Kawasan ini menyediakan banyak fasilitas menarik yang disewakan untuk tujuan wisata. Seperti persewaan rakit yang disediakan dalam jumlah 60 buah, yang dapat anda sewa dengan tarif Rp 25.000/15menit (harga sewaktu-waktu berubah). Ada juga sepeda air berjumlah 11 buah yang disewakan Rp 10.000/15 menit (harga sewaktu-waktu berubah). Kereta api mini yang menyusuri tepian danau, kolam renang untuk anak-anak ataupun orang dewasa.

Bagendit akan membantu warga yang sedang kesulitan dalam hal ekonomi dengan cara meminjamkan uang namun dengan ganti bunga yang sangat tinggi. Selain itu apabila warga yang telat membayar hutang kepadanya akan mendapatkan perlakuan kasar dari orang suruhan Bagendit dan menyita rumah warga yang berhutang tersebut sebagai gantinya.

Para warga sebenarnya sangatlah kesal dan jengkel terhadap sikap Bagendit yang pelit tersebut. Bahkan Bagendit juga sering memamerkan harta kekayaannya kepada warga sekitar tanpa belas kasihan.

Suatu hari saat Bagendit sedang bersantai di halaman rumahnya sambil menghitung uang dan emas yang dimilikinya datanglah seorang kakek yang telah sangat tua berjalan ke arah rumah Bagendit sambil dipapah dengan menggunakan sebuah tongkat.

Sang kakek yang seorang pengembara itu bermaksud meminta sedikit air minum kepada Bagendit karena kehausan setelah menempuh perjalanan jauh. Namun, Bagendit tidak memberikannya dan justru malah memarahi kakek tersebut dengan kasar. Bagendit juga mengusir kakek tersebut untuk pergi dari rumahnya.

Sang kakek sangat kecewa dan sedih kemudian ia mendirikan tongkatnya di depan rumah Bagendit sambil berkata bahwa Bagendit akan menerima pelajaran dari sikapnya yang pelit tersebut. Bagendit tidak memperdulikan dan hanya tertawa mendengar ucapak kakek tua tersebut lalu masuk ke dalam rumahnya.

Tongkat sang kakek kemudian di cabut dan dari lubang tanah tersebut munculah air yang lama-lama mengakibatkan banjir. Para penduduk desa berlarian menyelamatkan diri dan sang kakek menghilang entah kemana. Setelah air meluap sudah hampir besar, Bagendit baru menyadari dan ia malah menyelamatkan kekayaannya.

Sambil membawa sekotak uang dan emas Bagendit mencoba meminta tolong namun tidak ada orang yang mmendengarnya karena desa telah sepi penghuni. Bagendit pun tenggelam bersama kekayaannya dan air semakin meluap dan membentuk seperti danau. Kemudian danau tersebut diberi nama Danau Bagendit atau Situ Bagendit.

Situ Bagendit adalah sebuah danau ( situ dalam bahasa sunda ) yang terletak di kecamatan Banyuresmi kabupaten Garut. Situ Bagendit sendiri merupakan salah satu objek wisata yang banyak dikunjungi karena letaknya yang mudah dijangkau .

Jarak kawasan wisata Situ Bagendit dari pusat kota Garut hanya sekitar 4 kilometer saja dan dapat dijangkau dengan beerbagai kendaraan. Jika anda menggunakan transportasi umum, maka anda bisa naik angkutan kota jurusan terminal Guntur – Banyuresmi dan akan lewat tepat di samping Situ Bagendit langsung. Alternatif lainnya adalah dengan menyewa andong atau delman .

Aktifitas wisata yang bisa anda lakukan di situ Bagendit antara lain mengelilingi situ dengan rakit yang tersedia, ataupun menikmati suasana arena bermain dan pasar rakyat yang ada di sekitar danau . Situ Bagendit biasanya ramai dikunjungi pada hari sabtu – minggu atau pada hari libur.

karena jarak kawasan wisata Situ Bagendit ini dari pusat kota Garut yaitu hanya 4 km. Terdapat angkutan umum berupa angkot jurusan Terminal Guntur-Kp.Mengger dan Garut-Limbangan dengan tarif Rp.1.500 dan ojeg dengan tariff Rp.2.000.Kualitas pemandangan dan tingkat keamanan sepanjang jalan di kawasan objek dan daya tarik wisata ini cukup baik.jumlah karyawan di objek dan daya tarik wisata Situ Bagendit ini yaitu 6 orang. Para Penelusur yang berkunjung ke objek wisata ini perbulannya mencapai 400-600 orang. Teman-teman Para Penelusur tersebut biasanya berasal dari Garut, Sukabumi, Tasikmalaya, Bogor,Bandung dan Jakarta.

Untuk menuju lokasi, anda bisa menggunakan angkutan umum dari terminal guntur – garut berupa Angkutan kota jurusan terminal guntur – banyuresmi . Situ Bagendit terletak tepat di sebelah kiri jalan.

Selain itu, andapun bisa menggunakan andong/delman namun tarifnya cukup mahal.

Akomodasi

Di lokasi wisata situ bagendit terdapat area parkir yang cukup lega. Selain itu juga terdapat sarana bermain anak seperti track kereta api mini, sepeda air dan sejenisnya di area situ bagendit. Sarana lain seperti toilet dan Mushalla juga sudah tersedia.

Tag Cloud

Danau Jawa Barat Garut

Related Projects:

Comments