Keindahan Pantai Pasir Putih Menganti Kebumen

Keindahan Pantai Pasir Putih Menganti Kebumen

Pantai Menganti merupakan sebuah pantai yang berlokasi di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Pantai ini merupakan salah satu pantai terindah di Jawa Tengah. Pasir pantainya yang berwarna putih serta terdapat panorama perbukitan juga tebing karst yang indah. Bentang alam berupa perbukitan memang sedikit menyulitkan untuk mengakses pantai ini. Sebelum mencapai pantai melalui jalan yang berlika-liku, meski demikian pemandangan tetap menakjubkan. Pegunungan karst yang indah berbukit kerucut, dan laut yang sesekali terlihat saat diatas jalan yang merayapi bukit. Pantai Menganti memiliki jajaran pohon kelapa khas pesisir pada umumnya. Pantai Menganti juga mempunyai tebing pantai raksasa yang tinggi dan besar di bagian barat yang dikenal dengan sebutan Tebing Bidadari. Suasana yang khas adalah perahu-perahu nelayan yang berjajar, pantai dengan pasir putih dengan banyak batu karang besar yang dapat digunakan untuk duduk sambil melepaskan pandangan ke arah samudera merupakan suatu kepuasan bagi pengunjung. Satu objek yang perlu dikunjungi saat sampai di pantai Menganti adalah menara mercusuar dan Tanjung Karangbata. Letaknya di timur – tenggara pantai Menganti.

AKSES MENUJU PANTAI MENGANTI

Pantai ini berlokasi kira-kira 35 Km dari Kota Gombong serta 42 Km dari Kota Kebumen. Anda dapat menuju tempat ini dengan kendaraan pribadi. Belum ada transportasi umum yang dapat menuju Pantai ini, lantaran lokasi pantai ini masihlah susah dijangkau lantaran tempatnya yang ada dibalik perbukitan karst serta rimba lokasi Kedu selatan dan jalannya yang cukup curam serta berkelok. Bila dari Kota Kebumen atau Gombong ambilah rute menuju ke Pantai Karanbolong. Lalu selalu melaju ke barat ke arah Cilacap sampai temukan Desa Karangduwur. Bila dari Jakarta, Anda dapat naik kereta api ke arah Jogja lantas turun di Stasiun Gombong terutama dahulu

Terdapat banyak rute yang dapat anda tempuh untuk meraih pantai Menganti ini, dapat dengan memakai kendaran umum atau pribadi. Memanglah, jalanan yang lumayan terjal mesti bikin siapa saja yang akan bertandang mesti lebih erhati-hati, di bawah ini sebagian alternatif yang dapat anda tempuh :

KOTA KEBUMEN

Dari Kota Kebumen ambilah jalan menuju Pantai Petanahan (lalui) teruskan ke arah Pantai Suwuk (lalui). Perjalanan dilanjutkan ke arah Pantai Karangbolong (lalui). Bila menjumpai pertigaan jalan yang luas, lurus saja (jalur kanan) menuju Pantai Bapak. Setelah itu ikuti jalan raya sampai melalui Pantai Pasir. Teruskan perjalanan sampai melalui tanjakan yang panjang di Desa Srati. Sesudah masuk Desa Karangduwur bakal ada papan nama panduan menuju Pantai Menganti, belok kiri sampai hingga ke pantai. Sumber : Linta Kebumen

KOTA PURWOKERTO

Nah, bila dari Kota Purwokerto, tambah baik menuju Pantai Ayah/Pantai Logending, bila Pantai Ayah belok kanan maka bila ke Pantai Menganti belok ke kiri. Ikuti jalan selalu yang nanjak, kurang lebih dari Pantai Ayah 4 KM mungkin saja memerlukan 20 – 30 menit hingga Gerbang Masuk Pantai ini di Desa Karangduwur.

Jalanan begitu menanjak tambah baik konsentrasi berkendara. Pakai kendaraan yang dalam kondisi bagus. Lantas belok ke kanan selalu turun saja hingga ketemu Pos Retribusi, dahulu si terkena tarif Rp. 5. 000/Orang, lantas tinggal turun selalu hingga ke parkiran.

SURABAYA/JAKARTA

Pakai Kereta atau Bis lantas turun di Stasiun Gombong/Kebumen lantas kemudian ikuti tips dari Kota Kebumen.

Jembatan Merah Pantai Menganti Kebumen 2016-10-31

Pantai Menganti mempunyai pasir putih bersih serta panorama di sekelilingnya yang begitu indah berbentuk pemandangan perbukitan juga tebing karst yang indah. Kontur berbentuk perbukita di sekitaran pantai bikin pantai Menganti sedikit susah dibuka, hingga makin bikin penasaran wisatawan menginginkan mengunjung syurga yang tersembunyi di Kabupaten Kebumen ini.

Image
www.telusurindonesia.com

Untuk meraih pantai ini, kita mesti meniti jalan yang lumayan berliku, pegunungan karst yang indah berbukit kerucut, serta laut yang sesekali tampak waktu di atas jalan yang merayapi bukit. Pantai Menganti mempunyai deretan pohon kelapa khas pesisir biasanya. Pantai Menganti juga memiliki tebing pantai raksasa yang tinggi serta besar dibagian barat yang di kenal dengan sebutan Tebing Bidadari.Situasi yang khas yaitu perahu-perahu nelayan yang berjajar, pantai dengan pasir putih dengan adanya banyak batu karang besar yang bisa dipakai untuk duduk sembari melepas pandangan ke arah samudera adalah satu kenikmatan untuk pengunjung.

Di Tanjung Karangbata yang rindang ini akan melihat luasnya Samudera Hindia dan sebuah pulau karang. Disini juga disediakan gubuk-gubuk untuk berteduh dari terik matahari. Dari Tanjung Karangbata juga terlihat pantai lainnya seperti Pantai Karangbata dan pantai Peacron di sebelah timur. Jika musim penghujan tiba, tebing-tebing sebelah barat Pantai Menganti dihiasi empat air terjun yang mengucur dari ketinggian lebih dari 30 meter. Perbukitan akan menghijau menambah indah pantai ini. Pantai Menganti termasuk satu-satunya pantai berpasir putih di Jawa Tengah. Deburan ombak Pantai Menganti bisa digunakan untuk bermain surfing.

Mitos dan Legenda

Konon seorang panglima perang Majapahit melarikan diri ke pantai selatan karena hubungannya dengan kekasihnya tidak direstui oleh orangtuanya. Keduanya kemudian berjanji untuk bertemu di tepi samudera berpasir putih. Sepanjang hari sang panglima perang menunggu di atas bukit kapur namun sang kekasih tak juga datang. Sementara itu mitos warga sekitar adalah tak diperkenankan menggunakan baju berwarna hijau gadung. Hal tersebut erat kaitannya dengan Nyi Roro Kidul yang umum dipercayai oleh warga pantai selatan.

Image

www.telusurindonesia.com

Jika para penelusur ingin pemandangan yang lebih keren, eksotis, dan menakjubkan, para penelusur bisa naik ke bukit yang berada di sisi timur pantai. Di puncak bukit ini juga tertdapat mercusuar setinggi 20meter yang di dirikan para Belanda di tahun 1912-1915. Di lokasi ini para penelusur bisa menikmati seluruh kawasan pantai dengan lekuk-lekuk bukit karang yang membentang dan di padukan birunya air samudra.

Jika para penelusur ingin bermalam di sini juga bisa menggunakan tenda-tenda maupun menyewa atau menginap di rumah penduduk. Memang, fasilitas di pantai ini belum memadahi seperti pantai-pantai lainnya. Di karenakan baru pada tahun 2011 pemerintah desa setempat dan Pemerintah kabupaten membukanya untuk umum. Di harapkan kedepannya pemerintah desa setempat dan pemerintah dapat lebih seriud dalam menggarap pantai ini sehingga bakal menjadi pantai yang sangat wajib di telusuri saat berada di kebumen.

Sarana yang disediakan di Pantai Menganti yaitu :

  • Warung Makan
  • Tempat Parkir
  • Home Stay
  • Villa
  • Mushola
  • MCK
  • TPI

Related Projects:

Comments