Petualangan Menelusuri Keindahan Goa Petruk Kebumen

Petualangan Menelusuri Keindahan Goa Petruk Kebumen

Goa Petruk adalah salah satunya yang menawarkan keindahan stalagtit dan stalagmit berusia ratusan hingga ribuan tahun.Petruk sendiri diambil dari nama pengikut setia Pandawa dalam cerita pewayangan. Yang bertubuh tinggi, hidung panjang dan banyak akalnya.Terletak di dukuh Mondoyono, Desa Candirenggo, Kecamatan Ayah, kabupaten Kebumen atau sekitar 5 KM arah selatan goa Jatijajar yang terkenal dengan legenda Lutung Kasarung. Dengan waktu tempuh sekitar satu jam dari kota Kebumen.

Jika mendengar nama Petruk, pasti semua orang akan kembali teringat nama Punokawan. Ki Semar yang berbadan tinggi, namun hidungnya sangat mancung. Konon, legenda di dalam cerita wayang, Petruk di gambarkan sebagai anak dari lelembut Banaspati yang akhirnya kemudian diambil anak oleh Ki Semar. Sama seperti halnya Abunawas, Petruk pun seorang anak yang memiliki banyak akal. Sayangnya, meskipun masyarakat sekarang telah banyak mendengar Goa Petruk, namun mereka masih terlalu enggan mengunjungi obyek wisata yang menarik ini. Padahal kalau mengunjungi Goa Petruk banyak hal yang bisa di intip dari mulut Goa yang menganga lebar ini.

Selain keindahan batu dan juga suasana khas sebuah goa pada umumnya, di Goa Petruk juga terdapat danau atau sendang, yang mana untuk masuk ke lokasi harus didampingi gaet dan ada juga lokasi di dalam goa yang untuk menjangkaunya harus dengan menyelam terlebih dulu. Kondisi dalam Goa Petruk memperlihatkan pemandangan stalaktit dan stalakmit, aneka bebatuan yang cukup indah dan mempesona, dengan bermacam bentuk dan jenis batuan, seperti batu payudara/susu, batu pelangi, dan seterusnya.

Image
kompasiana.com

Stalaktit dan stalagmit di Goa Petruk ini memiliki berbagai bentuk yang diberi nama. Ada stalaktit yang bentuknya mirip hidung Petruk. Itulah sebabnya goa ini dinamakan Goa Petruk. Ada juga Batu Tirai Pintu, Batu Jamur yang memang bentuknya seperti jamur, Batu Mangun Serono, Batu Buaya, Batu Lalon (mayat), Batu Prangko, bahkan ada batu Payudara. Terkesan saru memang, tapi begitulah adanya, bentuk stalaktit ini memang menyerupai payudara wanita. Nampak seperti putting seorang ibu yang tengah menyusui. bukan satu dua, tetapi jumlahnya puluhan batu payudara menggantung dilangit goa. dalam goa tersebut ada pula batuan yang mirip sebuah dasi lengkap warna warni pada batuan yang menambah keindahan bebatuan disini. Ada pula stalakmit yang bentuknya seperti gajah besar, macan kumbang, di sini terdapat pula batuan yang mirip tempat tidur, atau pelaminan seorang pengantin baru. Ada lagi batu yang menyerupai sebuah lumbung padi, sehingga batuan tersebut di beri nama batu lumbung.

Image

kompasiana.com

Goa Petruk merupakan salah satu gua terdalam di dunia. Gua Petruk ini terbagi menjadi 3 bagian. Bagian pertama hanya terdapat kelelawar yang berterbangan, sementara bagian kedua yang diberi nama ‘Gua Semar’ terdapat pemandangan dari bebatuan yang cukup indah serta mempesona. Dan Gua yang terakhir disebut dengan Gua Petruk, karena dalam gua tersebutlah sebenarnya terdapat batu yang mempunyai wujud seperti hidung Petruk. Goa petruk ini memiliki kedalaman jelajah mencapai 2000 Meter atau 2 KM. Goa Petruk ini memiliki tiga lantai goa, dengan sejumlah sungai, sendang, dan air terjun. Air terjun di Goa Petruk ini sangat indah. Tak heran bila Goa Petruk menjadi salah satu goa terindah di Indonesia.

Pengunjung pun akan dikejutkan dengan sebongkah batu berbentuk seperti mayat yang tergeletak. Bukan hanya bentuknya, tetapi warna dari batu tersebut yang memang berwarna putih, seperti kain kafan pembungkus mayat .disitulah letak keistimewaan dan keunikan bebatuan dalam goa petruk.

Image

kompasiana.com

Penelusuran goa dapat ditempuh dengan jarak panjang sejauh 664 m dan jarak pendek 100 m . bila mengunjungi goa Petruk ini, ada baiknya kita siapkan dulu peralatan penunjang untuk menelusuri goa berupa sepatu boot, Lampu atau senter yang terang , Headlamp, Helm atau pengaman kepala lainya, jangan lupa ajak Pemandu Gua untuk mempermudah penelusuran goa, dan jangan sampai ketinggalan bawa juga kamera dengan blitz untuk mengabadikan keindahan stalakmit dan stalaktit yang sangat mempesona dan menakjubkan. Fasilitas di obyek wisata goa petruk pun cukup nyaman ada taman parker luas, mushola, dan tempat makan, ada pula fasilitas home stay disekitar area goa dan transportasi yang menghubungkan Gombong-Jatijajar- Petruk- Logending (lokasi wisata lainya). Nah tunggu apalagi bagi pembaca yang punya hobi adventure silahkan kunjungi goa fantastis-boombastis di Kebumen, Goa Petruk.

Related Projects:

Comments