Pulau Gosong Aceh Barat Daya

Pulau Gosong Aceh Barat Daya

Bagi anda penggemar hal-hal yang berbau kekinian, akan sangat pas rasanya jika berkunjung ke salah satu objek wisata kekinian di wilayah Aceh Barat Daya ini. Pulau Gosong Aceh, merupakan objek wisata kekinian tersebut. Pada dasarnya pulau ini hanya terbentuk dari pasir yang terbawa arus kemudian tertumpuk di karang, luasnya pun hanya seluas lapangan sepakbola. Namun keindahan yang ditawarkan tidak dapat dibantahkan lagi.

Pulau ini memiliki pasir putih yang halus, air laut yang jernih, ditambah keindahan pohon cemara dan waru, dan masih banyak lagi keindahan lainnya. Di pulau ini anda dapat snorkeling khususnya di pagi hari, berpiknik ria, dan bahkan memancing. Pas untuk predikatnya sebagai objek wisata kekinian.

Pulau Gosong adalah pulau yang tercipta dari hasil hanyutan pasir yang terjadi puluhan tahun di tengah-tengah gosong. Yaitu terumbu karang yang jauh dari daratan hingga di tengah lautan. Umumnya gosong berada di perairan dangkal seperti yang berada di depan Dermaga Ujong Serangga, Susoh, Aceh Barat Daya. Aku taksir jaraknya sekitar 500 meter dari dermaga. Pulau ini dapat ditempuh selama kurang dari 35 menit.Dermaga Ujong Serangga pun diramaikan para wisatawan lokal dan pelancong yang datang dari Banda Aceh. Pemilik boat pasang tarif antara Rp 300 – Rp 500 ribu per trip untuk jasa antar-jemput.Dibandingkan dengan jarak dari Pantai Bali, Pulau Gosong menjadi lebih jauh bila ditempuh dari Dermaga Ujong Serangga. Dengan boat nelayan memakan waktu sekitar 20 menit, dengan jarak tak sampai 1 mil laut.

di sekitar Pulau Gosong memang terdapat spot menyelam, baik diving maupun snorkeling. Diam-diam kru Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Aceh rupanya sudah menyelami keindahan bawah laut sekitar Pulau Gosong sejak 2013 dan mengulanginya pada medio 2015. Dahlan, Ketua POSSI Aceh, kepada media online lokal Aceh News menuturkan, pihaknya menjumpai biota laut seperti kima dan ikan napoleon yang tergolong langka.

Pada 16 Agustus 2015, gabungan ragam komunitas di Abdya menggelar upara penaikan bendera Merah Putih di Pulau Gosong. Didukung oleh aparat TNI dan warga setempat.Dalam satu video yang diunggah di Youtube oleh pemuda Abdya, bawah laut pulau itu dipenuhi bayi terumbu karang yang menjadi tempat bermain ikan nemo, juga terumbu karang—kima dan kipas, ikan-ikan hias, dan penyu. Di permukaan, beberapa wisatawan mengenakan life jacket oranye ber-snorkeling ria.

Seorang travel blogger Aceh, Citra Rahman, terkesima oleh keindahan bawah laut Pulau Gosong di kedalam 5-7 meter saat ia melipir ke sana pada Agustus tahun lalu.Sementara di pantai, ia disambut oleh satu gubuk baru dibangun, untuk peristirahatan para wisatawan, diwarnai oleh koloni belalang yang beterbangan.

Merujuk dalam literatur Geografi, Pulau Pusong Abdya itu termasuk dalam ketegori Pulau Penghalang (Barrier Island), yaitu gosong pasir yang tersembul di pantai dan dipisahkan dari pantai. Pulau penghalang ini bisa berbentuk sebagai spit atau gumuk pasir yang dibentuk oleh angin atau air.Gosong sendiri berarti terumbu karang di tengah lautan yang jauh dari daratan. Umumnya gosong berada di perairan dangkal seperti yang berada di depan Dermaga Ujong Serangga.

Lokasi

Pulau Gosong berada di wilayah administratif Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya. Dari ibukota provinsi, Banda Aceh memakan waktu sekitar 7 jam perjalanan darat, menyusuri jalur pesisir barat selatan.Jalan yang dilalui lumayan lebar dengan kondisi mulus beraspal dan terbilang sepi. Tsunami yang meluluh lantakkan Aceh mengubah banyak hal, termasuk jalur transportasi yang dibangun oleh USAID dan belum lagi genap berumur 1 dasawarsa.

Dari Ibukota Kabupaten, Blangpidie Pulau Gosong memakan waktu sekitar 15 menit berkendara sebelum akhirnya tiba di Dermaga Ujong Serangga. Saking kecilnya Pulau Gosong terlihat jauh.

Padahal dari dermaga yang lazim dimanfaatkan oleh nelayan setempat itu membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk berlayar ke Pulau Gosong. Dari pantai daratan pulau Sumatera ombak terbilang tenang sebelum akhirnya mendekati tujuan.

Ombak yang mencapai 3 meter dengan kecepatan angin membuat boat nelayan yang ditumpangi pengunjung terasa oleng. Boat nelayan berkapasitas 15-20 penumpang memasang tarif Rp 450 ribu pulang-pergi.

Penginapan di pulau gosong

Sunset yang begitu indah di pulau gosong

Related Projects:

Comments