Wisata Tebing Citatah Menantang Adrenalin

Wisata Tebing Citatah Menantang Adrenalin

Bandung memang memiliki banyak sekali panorama alam yang selain dimanfaatkan sebagai liburan juga sebagai wahana edukasi. Salah satu dari berjuta tempat wisata tersebut yang terbaru ini adalah Tebing Citatah.Tebing Citatah merupakan sebuah kawasan yang berupa tebing yang dengan nuansa morphologi yang berbukit dan terbentuk sebagian besar dari kapur. Hal inilah yang menjadikan Tebing Citatah terlihat unik dan berbeda dengan bukit – bukit pada umumnya.

Tebing Ekstrim Citatah juga sering menjadi bahan perbincangan di berbagai media lokal maupun nasional. Hal tersebut terjadi setelah KRBC ( Kelompok Riset Cekungan Bandung ) melakukan kajian terhadap kawasan tersebut. Diantara penemuan dari KRBC yang paling fenomenal adalah ditemukannya situs purba di Gua Pawon pada 9 Desember 2000. Sedangkan untuk penemuan lain berupa alat–alat batu dan tulang, gerabah, sisa tulang, dan gigi binatang.

Tentunya jika anda membaca artikel sebelumnya, anda sudah bisa menebak lokasi salah satu tempat wisata alam di Bandung ini, berada di sekitar Padalarang atau hanya berjarak 5 kilometer lagi dari Tol Padalarang. Tebing Citatah sebenarnya berada di Gunung Tebing Manik, Gunung Pabeasa, Gunung Singgalang. Namun sekarang lebih dikenal sebagai Citatah 48, 90, dan 125. Penasaran dengan tempatnya? Oke, lanjut ke bawah .

Tebing Citatah 48 : Dinamakan demikian karena diambil dari ketinggiannya, yang berkisar 40 – 50 meter. Bebatuan yang ada di Tebing Citatah 48 adalah jenis karst atau kapur. Uniknya tebing ini memiliki ciri khas yaitu ada sebuah tugu yang bentuknya mirip dengan pisau belati, membuatnya berbeda dari 2 tebing lain disekitarnya.

Tebing ini juga berada di wilayah Pusat Pendidikan Latihan Pasukan Khusus (Pusdipassus), memiliki 25 jalur pendakian berbeda. Tebing ini sering dijadikan latihan oleh para anggota Pusdipassus. Tempat ini juga cocok digunakan untuk pelatihan bagi pemula karena ada tebing yang hanya memiliki ketingian 48 meter yang tentunya aman digunakan. Jika anda berniat untuk berwisata kesana, anda harus mengajukan surat ijin dulu paling lambat 30 hari sebelumnya. Berada di Jalan Pamucatan Raya, Bandung.

Tebing Citatah 90 : Tebing yang satu ini lokasinya tidak jauh berada dari Tebing Citatah 48, jenis batuannya juga sama yaitu jenis karst atau kapur. Dinamakan demikian karena sesuai dengan ketinggiannya yang berkisar 90 meter. Jalur yang bisa anda pilih hanya ada 5, dan karena bebatuan yang cenderung rapuh tebing yang satu ini tidak direkomendasikan. Tapi bagi anda yang sudah mahir dan cukup tertantang, menjadikannya tantangan tersendiri. Saran saya tetap berhati – hati karena bebatuan yang rapuh.

Tebing Citatah 125 : Tebing Citatah 125 ini letaknya tidak jauh dari tebing Citatah 90. Tidak jauh berbeda dengan jenis batu dari tebing lainnya, tebing Citatah 125 ini terbuat dari batu andesit, kapur dan marmer. Ini adalah salah satu spot terbaik dan banyak dikunjungi oleh para pendaki dikarenakan tinggi dari tebing yang cocok untuk olahraga mendaki.

Tinggi dari tebing ini adalah 125 meter tapi untuk para pendaki, tidak perlu khawatir kelelahan, karena ada sebuah goa alami yang dapat menjadi tempat untuk beristirahat. Mendapatkan izin untuk mendaki tebing ini pun tidaklah rumit, pendaki hanya perlu meminta izin pada ketua RT atau Karang Taruna Pabeasan.

Akses

Untuk menuju ketebing citatah ada beberapa jalur yang bisa di lalui. Pertama, bagi Anda yang menggunakan transportasi umum bisa dimulai dari Jakarta. Dari arah ini Anda memiliki pilihan dua jalur perjalanan, baik dari Ciawi ataupun dari Tol Cipularang yang baru dibangun. Ongkos yang digunakan untuk menuju lokasi cukup hanya dengan membayar Rp. 20.000 perorang dari Terminal Kampung Rambutan. Kemudian dengan melalui arah Ciawi, turun di depan Pabrik MultiMarmer Alam.

Related Projects:

Comments