keindahan Objek Wisata Danau Toba Sebagai Danau Terbesar Di Asia Tenggara

keindahan Objek Wisata Danau Toba Sebagai Danau Terbesar Di Asia Tenggara

Menyebut Sumatera Utara, pasti akan teringat Danau Toba. Pesona Toba adalah danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara memang sudah mendunia. Danau Toba adalah sebuah danau tekto-vulkanik dengan ukuran panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer yang terletak di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Danau ini merupakan danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Di tengah danau ini terdapat sebuah pulau vulkanik bernama Pulau Samosir. Danau toba ini dengan luas 1.145 km persegi ini menyajikan pemandangan indah yang menarik perhatian kita untuk mengunjungi dan mengeksplorasinya lebih jauh. Melihat danau Toba seakan-akan kita sedang melihat sebuah lautan. Begitu luasnya danau ini menjadikannya sebagai danau terbesar di Indonesia bahkan di Asia Tenggara.


Danau ini juga dinobatkan sebagai danau terbesar kedua di dunia setelah Danau Victoria di Afrika. Selain terbesar, danau ini juga memiliki rekor danau terdalam di dunia, yaitu sekitar 450 meter. Selain luas, danau ini juga unik, karena di tengahnya terdapat sebuah pulau vulkanis yang besarnya hampir sama dengan luas Negara Singapura.

Sejarah :

Diperkirakan Danau Toba terbentuk saat ledakan sekitar 73.000-75.000 tahun yang lalu dan merupakan letusan supervolcano(gunung berapi super) yang paling baru. Bill Rose dan Craig Chesner dari Michigan Technological University memperkirakan bahwa jumlah total material pada letusan sekitar 2.800 km3 -sekitar 2.000 km3 dari Ignimbrit yang mengalir di atas tanah, dan sekitar 800 km3 yang jatuh sebagai abu terutama ke barat. Aliran piroklastik dari letusan menghancurkan area seluas 20.000 km2, dengan deposito abu setebal 600 m dengan kawah utama.

Akses

Akses menuju ke Danau Toba bisa ditempuh naik mobil dari Bandara Kualanamu di Deli Serdang selama 7 jam. Jika tak mau berlama-lama di jalan, naik saja maskapai Garuda Indonesia yang punya penerbangan langsung dari Jakarta ke Silangit. Lalu lanjut naik mobil sekitar 1 jam ke wilayah Parapat, pinggiran Danau Toba.

Ada banyak tempat untuk melihat keindahan Danau Toba, salah satunya adalah di Panatapan Huta Ginjang yang berlokasi di Desa Dolok Martumbur, Kecamatan Muara, Tapanuli Utara. Ada perpaduan panorama yang memesona, yakni permukaan air yang luas nan tenang dan jejeran perbukitan hijau.

Fasilitas

Deretan penginapan ada hotel dan resor di pinggiran Danau Toba dapat menjadi rekomendasi tempat bermalam. Bahkan beberapa di antaranya menawarkan paket wisata main banana boat dan snorkeling di Danau Toba. Tapi tidak hanya bisa melihat keindahan Toba, traveler juga bisa melihat makam-makam di perbukitan dan di pinggir danau. Salah satunya, ada makam Raja Sianipar yang berlatar belakang Bukit Dolok Tolong. Makam-makam di sini, juga sering dihiasi dengan rumah khas Batak. Bahkan ada pemakaman marga Siahaan yang konon biayanya Rp 2 miliar.

Di tengah-tengah Danau Toba terdapat sebuah pulau yang juga tidak kalah indah dan menakjubkan yaitu Samosir. Di sana kita bisa mengunjungi beberapa desa dan menikmati wisata alam serta wisata budaya. Danau Toba dan Pulau Samosir merupakan jantung dan kampung halaman orang Batak.

Wisata danau toba
my30uplife.wordpress.com

Untuk mengunjungi Pulau Samosir bisa melalui pelabuhan di Parapat yaitu Pelabuhan Ajibata. Terdapat beberapa kapal feri yang siap mengantar penduduk setempat maupun wisatawan menuju Pelabuhan Tomok di Pulau Samosir. Bahkan tersedia juga beberapa feri pengangkut kendaraan seperti mobil dan motor menuju Samosir. Lama perjalanan feri menuju Pulau Samosir sekitar 30 menit. Ketika mencapai Pelabuhan Tomok di Pulau Samosir, ada banyak pedagang cindera mata khas Danau Toba dan khas tanahBatak di daerah sekitar Pelabuhan Tomok, Samosir. Anda bisa membeli kaos, kerajinan tangan dan juga ulos di lokasi ini jika ingin membeli oleh-oleh untuk dibawa pulang. Sebaiknya membeli oleh-oleh di sini karena banyak pilihan yang bisa Anda beli untuk dibawa pulang.

Selain wisata budaya, kita juga akan menikmati berbagai keindahan alam Pulau Samosir. Kita bisa menemukan keindahan sawah bertingkat seperti yang terdapat di Bali. Juga ada beberapa air terjun yang begitu indah untuk dikunjungi seperti Air Terjun Simangande dan Air Terjun Pangaribuan (terletak di Kecamatan Palipi) yang merupakan air terjun terbesar di Pulau Samosir. Yang menarik di lokasi sekitar Air Terjun Pangaribuan di Palipi, diyakini sebagai tempat diturunkannya Raja Batak.

Selain air terjun, di Pulau Samosir juga terdapat dua buah danau yaitu Danau Aek Natonang dan Danau Sidihoni. Itu sebabnya kedua danau ini sering diberi julukan "Danau di atas danau" karena keunikannya yaitu danau yang berada di tengah Pulau Samosir, sedangkan pulau ini berada di tengah Danau Toba.


Related Projects:

Comments